Dimulai Dari Kebiasaan Sehari-Hari, 4 Tips Simpel Ini Dapat Anda Lakukan Untuk Merawat Jilbab Lebih Awet Tahan Lama

tutorialhijab.co.id – Wanita pada dasarnya memang memiliki naluri untuk selalu up to date terkait perkembangan fashion. Diakui sebagai negara muslim nomor satu terbesar di dunia, penggunaan jilbab di Indonesia menjadi suatu kebutuhan umum bagi muslim perempuan bahkan menjadi trend terbaru saat ini.

Makin banyaknya konsumsi jilbab mendorong para produsen untuk selalu melakukan inovasi terbaru terkait model dan juga bahan yang digunakan untuk membuat jilbab. Banyaknya jenis jilbab yang terbuat dari berbagai macam bahan dan warna-warna baru membuat kaum wanita semakin tergiur untuk memperbaharui koleksi jilbab mereka.

Lihat juga : Ribet Memadukan Style Hijab Untuk Ke Kantor? Yuk, Intip Tips Simple Nan Menarik Berikut Ini

Dimulai Dari Kebiasaan Sehari-Hari, 4 Tips Simpel Ini Dapat Anda Lakukan Untuk Merawat Jilbab Lebih Awet Tahan Lama
Memiliki jilbab kesayangan terkadang membuat Anda ingin menggunakannya terus menerus. Namun terkadang warna pudar dan bahan semakin tipis menjadi kendala bagi Anda yang ingin merawat jilbab agar tetap awet. Sama seperti pakaian, jilbab yang terlalu sering digunakan akan membuat warnanya kusam dan bahannya cepat tipis.

Meskipun begitu, jangan khawatir. Berikut ada beberapa tips merawat jilbab yang mudah dan praktis untuk dilakukan agar jilbab awet dan tahan lama. Yuk simak :

 

1) Perhatikan Cara Mencuci Jilbab
cara mencuci hijabSama seperti pakaian, jilbab juga harus Anda jaga kebersihannya agar kelihatan baru dan rapi. Jilbab yang kotor tentu dapat membuat warna tampilan jilbab menjadi kurang glowing, bukan? Bagi Anda yang memakai mesin cuci untuk membersihkannya, jangan lupa pisahkan jilbab Anda dengan pakaian Anda yang mudah luntur. Anda dapat mengatur pilihan mencuci Anda pada mode soft cleaning maupun mode silk agar jilbab dapat dibersihkan secara halus, sehingga tak merusak bahan.

Namun bagi sebagian orang, mencuci dengan tangan memang lebih dijamin kebersihannya. Nah, ketika mencuci jilbab menggunakan tangan, jangan sekali-sekali menggunakan sikat cuci untuk membantu mebersihkanya. Apalagi untuk jilbab berbahan sutra, sifon, hycon yang memang harus membutuhkan kehati-hatian agar bahan jilbab tak mudah rusak.

Untuk jilbab berwarna putih, jangan terlalu sering mencucinya dengan cairan pemutih untuk membuat tampilannya seperti baru. Kandungan keras yang ada di dalam pemutih dapat membuat jilbab Anda mudah rusak dan rapuh.

2) Kenali Cuaca Terlebih Dahulu Sebelum Menjemur
cara menjemur jilbabBeruntung cuaca di Indonesia masuk dalam kategori tropis. Artinya Anda tak perlu khawatir akan cuaca panas ekstrem yang mungkin merusak bahan dan warna jilbab Anda. Bagi Anda yang tinggal di daerah dataran tinggi maupun pegunungan, menjemur jilbab langsung di bawah cahaya matahari tentu tak terlalu berpengaruh negatif dengan jilbab Anda.

Namun, perlu waspada bagi Anda yang bermukim di dataran rendah, pantai maupun kota besar. Panas matahari yang rata-rata di atas 25 derajat tentu dapat membuat bahan jilbab Anda mudah rusak secara bertahap. Jadi, lebih baik jangan jemur jilbab langsung dibawah terik matahari. Sehingga warna jilbab Anda bisa semakin awet dan tahan lama.

Penting : Jangan lupa balik jilbab Anda ketika menjemurnya, tips merawat jilbab sederhana ini akan membuat warna jilbab Anda semakin tahan lama.

3) Jangan Terlalu Panas Ketika Menyetrika Jilbab
cara menyetrika jilbabSetelah dicuci dan dikeringkan, jilbab tentu akan semakin rapi jika disetrika. Setting setrika Anda sesuai dengan bahan jilbab yang akan Anda setrika. Jangan terlalu panas, terutama untuk jilbab bahan paris. Biasanya jika suhu setrika terlalu panas, jilbab bahan paris akan berkerut dan pasti akan mengganggu kenyaman dalam berjilbab.

Untuk jilbab pashimina satin, meskipun bahan itu “baik-baik saja” dengan suhu panas, akan lebih baik jika Anda tetap menjaga suhu setrika dalam kategori medium. Sedikit tips bagi Anda, terlalu sering menyetrika kerudung Anda tentu dapat membuat bahannya semakin tipis dan warna mudah pudar. Jadi akan lebih efisien jika menyetrika jilbab jika hendak dipakai saja, selain membuat jilbab menjadi kelihatan lebih rapi, bahan jilbab Anda dijamin akan lebih tahan lama.

4) Keluarkan Koleksi Jilbab Lama Anda Dari Dalam Lemari
lemari hijabModel jilbab terbaru memang menggiurkan, namun jangan sampai membuat Anda lupa dengan koleksi jilbab lama Anda. Lihat lemari Anda sekarang. Biasanya jika terlalu lama menyimpan pakaian maupun jilbab di dalam lemari, jamur-jamur akan bersarang di jilbab Anda sehingga jilbab Anda bau dan warnanya kusam.

Beruntung jika rayap tak membuat jilbab Anda berlubang. Didiamkan dalam jangka waktu yang terlalulama memang kadang tak menampik kemungkinan adanya rayap. Terlebih jika lemari Anda berbahan dasar kayu.
Jadi, Anda perlu sekali-kali untuk mencuci koleksi jilbab lama Anda di dalam lemari. Jangan terlalu fokus dengan jilbab baru dan tetap rawat jilbab lama Anda ya.

Baca juga : Ingin Tetap Stylish Saat Travelling? Contek Fashion Ala Hijab Traveler Berikut

Selain mudah dan sederhana, tips merawat jilbab di atas juga harus dilakukan secara rutin dan telaten agar jilbab tetap awet tahan lama dari segi bahan maupun kain. Bagaimana? Cukup mudah bukan? Selamat mencoba ya. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat.

Leave a Reply