Tips Merawat Kain Kaftan Sifon

Busana dengan kain kaftan sifon yang awalnya terkenal karena digunakan oleh artis dan penyanyi sensasional Syahrini, sekarang ini kehadirannya tetap digemari banyak wanita muslimah Indonesia. Kaftan hadir dalam berbagai macam model yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya mulai dari model yang sederhana sampai dengan model yang bermotif padat.

Kain yang digunakan untuk kaftan juga bervariasi. Salah satunya kaftan juga hadir dengan menggunakan kain sifon. Untuk perawatannya, kain kaftan sifon tentu harus dirawat dengan tepat agar tetap awet dan bisa sempurna ketika digunakan. Sebagai inspirasi dan tips perawatan kaftan sifon yang tepat, Anda bisa simak informasi selengkapnya berikut ini!

Tips Merawat Kain Kaftan Sifon

Tips Merawat Kain Kaftan Sifon yang Tepat

Rendam dan gunakan tangan untuk mencuci

Sifon hadir dengan berbagai macam jenis bahan. Terdapat dengan bahan sutera, sifon dengan bahan polyester, dengan bahan crepe dan juga sifon dengan campuran katun. Semua bahan sifon tersebut memiliki ciri halus, ringan dan tipis sehingga juga perlu ekstra kehati – hatian ketika Anda mencucinya.

Terlebih jika memiliki noda. Hindari mencucinya dengan Anda gunakan mesin cuci jika tidak ingin benang yang terdapat pada kain ini tertarik atau mengalami robek.  Untuk mencuci koleksi pakaian sifon Anda, termasuk kaftan sifon baiknya Anda gunakan tangan saja.

Caranya cukup dengan Anda rendamnya didalam ember dengan menggunakan deterjen yang punya formula lembut. Hindari juga Anda mencampur pakaian berbahan sifon warna putih dengan pakaian warna lain yang mudah luntur.

Hal tersebut karena bahan sifon sangat mudah menyerap warna dengan begitu cepat dan juga cukup sulit dalam menghilangkan warna ketika luntur sudah terjadi pada kain kaftan sifon tersebut. Setelah Anda rendam kemudian, kucek secara perlahan agar tekstur kain sifon Anda tidak mengalami kerusakan.

Jenis Kain Paling Sering Digunakan untuk Bahan Pakaian Muslim

Hilangkan noda dengan Anda gunakan bedak bayi 

Tidak jarang pakaian sifon Anda sering terkena noda bekas makanan atau minuman. Hal tersebut karena bahan kain sifon tersebut memiliki tekstur yang mudah menyerap warna dan juga noda sehingga nantinya akan cukup sulit dalam menghilangkannya.

Karena itu, Anda perlu suatu trik yang tepat untuk menghilangkan berbagai macam noda seperti dengan menggunakan bedak tabur atau dengan menggunakan bedak bayi. Anda dapat menaburkan bedak tabur atau bedak bayi ke bagian noda secara merata dan kucurkan sedikit saja agar tidak membekas di kain sifon Anda.

Selanjutnya tunggu selama beberapa saat dan cuci. Akan tetapi jika pakaian dengan bahan sifon Anda tidak sengaja terkena permen karet, jangan Anda sembarangan membersihkannya. Hal tersebut karena akan berpotensi merusak tekstur kain kaftan sifon Anda. Baiknya Anda gunakan es batu sampai permen karetnya mengeras dan juga dapat dilepas dari pakaian Anda.

Hindari menjemur di bawah sinar matahari langsung

Setelah Anda mencuci koleksi pakaian sifon sampai benar – benar bersih, kemudian kini waktunya Anda jemur kain kaftan sifon Anda dengan cara yang tepat. Bahan sifon memiliki tekstur yang tipis dan sangat lembut. Baiknya Anda tidak menjemurnya di bawah sinar matahari secara langsung.

Mengapa? Karena hal tersebut justru akan merusak kain kaftan sifon pada pakaian Anda sehingga kain pakaian Anda akan mengalami robek dan tergores. Anda bisa jemur pakaian dengan cara Anda gantung pada hanger dan diangin – anginkan. Biarkan kering secara alami supaya bahan sifon tetap awet dan tidak mudah mengalami kerusakan.

Pastikan jangan Anda menyetrika secara langsung

Agar Anda bisa menjaga bahan sifon tetap pada teksturnya yang lembut, Anda tentu harus memerhatikan cara menyetrikanya. Jangan Anda sesekali menyetrika pakaian sifon secara langsung. Hal tersebut karena bahan ini sangat tipis dan akan lebih mudah terbakar jika terkena dengan setrika secara langsung.

Ada baiknya untuk Anda lapisi bahan sifon dengan bahan kain lain yang cenderung lebih tebal ketika akan menyetrikanya. Kemudian Anda bisa gunakan suhu setrika yang tidak begitu panas supaya tidak berpotensi merusak bahan sifon yang permukaannya tipis dan halus tersebut.

Itulah beberapa tips merawat kain kaftan sifon yang Anda harus tahu. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda.