Jenis Kain Paling Sering Digunakan untuk Bahan Pakaian Muslim

TUTORIALHIJAB.CO.ID – Ada banyak sekali jenis kain dengan beragam tekstur dan ciri khasnya masing – masing. Selain itu, jenis kain tersebut pun memiliki kelebihan dan kekurangan yang variatif saat digunakan sebagai material atau bahan dari pakaian sehari – hari. Dengan mengetahui jenis kain yang ada pada pakaian maka akan semakin memudahkan Anda saat berbelanja, terutama ketika belanja online. Melalui artikel ini akan kami informasikan kepada Anda tentang beberapa jenis kain yang paling sering digunakan untuk bahan pakaian. Apa saja?

Bahan Pakaian Muslim

Jenis Kain untuk Bahan Pakaian Muslim

Katun

Ini adalah jenis kain pertama yang paling sering digunakan untuk bahan pakaian sehari – jari. Jenis kain tersebut umumnya dibuat dari serat kapas yang memang dikenal sebagai jenis kain paling nyaman dan aman di kulit, bahkan memiliki daya serap keringat yang sangat baik. Selain itu, kain katun juga memiliki serat yang cukup kuat, sehingga kualitas kain tersebut bisa bertahan lama.

Linen

Jika dilihat memang mirip seperti kain katun, tetapi jenis kain linen ini ternyata merupakan bahan kain yang berkualitas baik dan memiliki karakteristik istimewa. Anda bisa dengan mudahnya membedakan linen sebab serat yang terkandung di dalamnya. Dibuat dari serat alami tumbuhan rami, sehingga jenis kain ini memiliki serat yang tampak begitu jelas dan terasa agak kaku tetapi memiliki tekstur lebih halus dari kain katun.

Denim

Bisa dibilang ini merupakan salah satu dari bermacam – macam kain yang dibuat dari serat yang cukup kuat sekali, tebal tetapi mudah dicuci. Meskipun diidentikan sebagai kain utama dalam pembuatan jaket dan celana panjang, akan tetapi kain jenis ini sekarang juga sering dijadikan sebagai bahan utama pakaian sehari – hari, seperti rok, blus, dan casual dress.

Drill

Jenis kain drill ini ternyata juga memiliki wujud yang mirip seperti bahan kain katun. Bedanya, kain drill tersebut lebih tebal dibandingkan kain katun maupun linen. Bahan kain drill dibuat dari campuran serta tetoron dengan rayon dan polyester. Sebab lebih tebal dan agak kaku, sehingga jenis kain tersebut lebih baik dijadikan sebagai bahan utama pembuatan celana, rok, maupun culotte.

Baby canvas

Meskipun bahan dari kain tersebut jarang sekali digunakan sebagai daily outfit, akan tetapi tidak ada salahnya apabila mencoba menggunakan pakaian berbahan ini. Walaupun terasa sedikit kasar dibandingkan jenis kain yang lain, baby canvas pastinya akan tetap nyaman di kulit, khususnya apabila dikenakan selama seharian.

Kulit

Untuk jenis kain kulit ini pada dasarnya memang dibuat dari kulit yang memang cukup terkenal sekali dijadikan sebagai jaket. Namun kini juga banyak sekali atasan, celana, atau pun rok yang dibuat dari material tersebut. Bahan kulitnya sendiri cukup beragam sekali, ada yang dibuat dari kulit domba, sapi, hingga kambing. Bahkan tak jarang Anda menemukan tas yang dibuat dari kulit buaya maupun ular. Bahan kulit memiliki keunggulan, yakni tahan lama, tetapi perawatannya juga harus diperhatikan dengan baik.

Lycra

Apabila Anda cukup jarang sekali mendengar kain lycra, jenis kain tersebut biasanya disebut pula sebagai bahan spandex. Bahan kain ini memiliki ciri khas tingkat elastisitas yang cukup tinggi sekali. Makanya kain tersebut termasuk ke dalam jenis – jenis kain yang paling sering digunakan untuk pakaian olahraga.

Inspirasi Gaya Rok Lilit untuk Tampil Cantik Sempurna Saat Kondangan

Nah, itulah tadi beberapa jenis kain bahan pakaian muslim bisa menambah wawasan kita. Semoga bermanfaat.